Kamis, 21 Maret 2013

Pengertian Tentang Penyakit Scoliosis

Pengertian Tentang Penyakit Scoliosis - Mungkin sebagian sobat ada yang belum tau apa itu Scoliosis? Suatu penyakit kelainan pada tulang yang biasanya akibat terlalu lama duduk atau mengangkat beban berat setiap hari. Lalu apa itu scoliosis dan apa penyebabnya?

Iseng search di google nemu artikel menarik tentang Scoliosis, coba tulis disini juga, Pengertian tentang Scoliosis dan penyebabnya. Silahkan langsung dibaca aja..

Pengertian Tentang Penyakit Scoliosis

# Pengertian Scoliosis
Scoliosis adalah kelainan yang menyebabkan lekukan abnormal pada tulang belakang. Penderita scoliosis memiliki tulang punggung berbentuk "S" atau "C" dan kondisi ini bisa terjadi pada pria dan wanita.

# Penyebab Scoliosis
Meski 75-85 persen penyebab scoliosis merupakan idiofatik atau kelainan yang tidak diketahui penyebabnya, namun sebanyak 15-25 persen kondisi scoliosis disebabkan oleh beberapa hal seperti:

*1. Faktor Genetik
Kalo ada keluarga yg memiliki riwayat scoliosis, maka anak keturunannya lebih berisiko mengalami scoliosis juga.

*2. Trauma Waktu Kecil
Tingginya aktivitas di masa kanak-kanak hingga membuat anak tersebut terjatuh saat bermain hingga mengalami trauma, bisa menyebabkan scoliosis saat remaja. Pada beberapa remaja, scoliosis kerap diabaikan karena gak ada gejala apa pun yg menyertainya. Tapi kondisi ini akan terlihat dari postur tubuh yg gak proporsional seperti bengkok, miring, dan sebagainya.
Kondisi scoliosis pada usia remaja patut diwaspadai dan ditangani sejak dini agar penambahan sudut scoliosis yang lebih besar bisa dihindari.

*3. Berada di Satu Posisi Terlalu Lama
Pekerjaan kantor yg menuntut kita untuk duduk berjam-jam dalam posisi yg salah juga bisa menjadi pemicu scoliosis. Apalagi kalo kondisi ini berlangsung dalam hitungan tahun yg mengakibatkan pertumbuhan tulang menjadi gak normal.

*4. Panjang Kaki Kurang Simetris
Saat panjang kaki gak simetris, maka orang yg bersangkutan akan cenderung bertumpu menggunakan kaki yg lebih pendek saat mengangkat beban. Kalo terjadi dalam waktu yg lama, maka bisa mempengaruhi bentuk tulang belakang dan terjadi scoliosis.

# Gejala-gejala Scoliosis
Berikut ini beberapa gejala umum yang menyertai kondisi scoliosis:
- Salah satu tulang bahu lebih tinggi/menonjol
- Kepala terlihat gak lurus dengan panggul
- Tubuh condong ke satu sisi
- Berjalan miring
- Mudah lelah dan nyeri otot karena postur tubuh yang kurang simetris

# Penanganan Scoliosis
Ada Dua metode umum yang sering digunakan untuk mengurangi scoliosis, berikut penjelasannya:

*1. Penggunaan Brace (Penyangga)
Brace digunakan untuk menyangga tulang belakang yg mengalami scoliosis. Penggunaan brace biasanya direkomendasikan oleh dokter dan gak bisa dibeli secara bebas. Kelemahan metode ini adalah, banyak pasien yg mengeluh karena panas, berat, dan kadang mengalami gatal-gatal akibat iritasi kulit saat mengenakan brace, sehingga hasil penggunaan brace jadi gak maksimal.

*2. Sports Therapy
Alternatif lain untuk mengatasi scoliosis adalah menggunakan metode sports therapy. Sports therapy merupakan metode pengobatan menggunakan latihan terukur bagi penderita scoliosis. Sports therapy biasanya akan diberikan selama 15-20 menit setiap hari dengan pola latihan tertentu.
Menggabungkan sports theraphy dengan penggunaan brace juga biasa dilakukan untuk mempercepat perbaikan tulang punggung pasien.

# Peringatan
Penting untuk diperhatikan bahwa penderita scoliosis wajib menjaga berat badannya di angka normal. Kelebihan berat badan hanya akan memperparah kondisi scoliosis dan memperlambat proses penyembuhan.

Itulah informasi tentang Scoliosis, penjelasan tentang Pengertian Scoliosis, penyebab dan gejala penyakit Scoliosis. Semoga bermanfaat. Disalin Arie Pinoci dari berbagai sumber DuniaFitnes.com Yahoo.com dan Google.com.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar